Senin, 05 Januari 2009

TANAMAN HIAS SANSIVERA

A. TUJUAN

1. Mahasiswa terampil melakukan perbanyakan sansiviera secara benar.

2. Mahasiswa dapat membandingkan perlakuan ZPT, tidak menggunakan ZPT, serta dengan menggunakan anakan.

B. DASAR TEORI

Sansiviera atau yang umum disabut lidah mertua (mother-in-law’s tongue) memiliki bentuk yang unik, ujung daunya tajam Selain sebagai tanaman hias sanseviera baik untuk di dalam maupun tanaman ruangan. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat, seratnya sebagai bahan pakaian, keistimewaan yang lain dari tanaman ini kemampuannya menyerap bahan-bahan racun seperti karbon dioksida, benzene, formaldehyde dan trichloroethylene.

Sanseviera sering ditaruh di sudut dapur atau kamar mandi untuk meredam bau. Sansevieria memang termasuk tanaman hias yang sering disimpan di dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi dengan sedikit air dan cahaya matahari. Sekitar 40 persen air saja yang diperlukan tanaman yang berkembang baik melalui umbi lapis ini untuk tumbuh.

Tanaman ini mampu bertahan dalam kondisi di dalam ruangan. Cukup dikeluarkan seminggu sekali agar terkena matahari. Lalu, masukkan kembali ke dalam ruangan. Ia juga mampu bertahan di negara yang memiliki 4 musim. Akibatnya, ia banyak mengalami penyimpangan bentuk, corak, dan warna. Jenisnya bisa mencapai 600-an,. seperti, S. laurentii, S. golden king, S. pinguin cola, S. laurentii cola, S. superba futura. Sansiviera tidak memerlukan perawatan yang rumit dan cukup tahan banting itulah keunggulan Sansevieria. Bahkan tak disiram beberapa hari pun tetap bertahan hidup.

Adapun Klasifikasi tanaman sansiviera adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae

Division : Magnoliophyta

Class : Liliopsida

Ordo : Asparagales

Family : Ruscaceae

Genus : Sansiviera

Spesiies : Sansiviera trifasciata

Hal yang perlu dalam perawatan sansiviera diantaranya factor struktur, cuaca, media dan bibitnya.

Media yang baik dilahan menggunakan sekam murni, pupuk kandang dan tanah bakar, jika di polibag menggunakan tanah bakar dan cocopeat, pemberian pupuk kimia menyebabkan akar busuk dan daunya akan lepas.

Satu-satunya penyakit yang menyerang sansiviera adalah jamur, satu-satunya jalan jika tanaman sudah terkena jamur dengan memotong daunya sampai akar lalu lihat bonggolnya kalau berwarna putih berarti masih sehat dan jika ada bintik-bintik berarti tanaman sudah terserang penyakit.

C. ALAT DAN BAHAN

alat : Pisau
bahan : sansiviera
SPT
Media
air


D. LANGKAH KERJA

1) Pilih sansiviera yang baik

2) Potong sansiviera + 10 cm

3) Masukan batang bagian bawah dengan Rooton F untuk membantu dalam proses pertumbuhan akar.

4) Tanam di bak media

5) Lakukan penyiraman

E. HASIL

No

Perlakuan

Hidup/tumbuh

Mati

1

Menggunakan ZPT

4

8

2

Tidak menggunakan ZPT

4

2

3

Menggunakan anakan

11

-

F. PEMBAHASAN

Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan mengenai perbanyakan sansiviera yang banyak tumbuh perlakuan dengan menggunakan anakan yaitu sebanyak 11 anakan, sedangkan perlakukan yang menggunakan ZPT hanya tumbuh 4. berhasil atau tidaknya ini didukung oleh banyak faktor diantaranya alat yang digunakan lingkungan, media, bibit yang digunakan dan yang lainya.

Alat yang steril dalam pemotongan stek merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan perbanyakan sansiviera, selain itu juga lingkungan yang bersih sangat menentukan, untuk itu agar jangan terjadinya serangan penyakit yang menyebabkan kerusakan. Perlu sanitasi lingkungan .

Media dan bibit yang digunakan juga sangat penting guna mendapatkan pertumbuhan maksimal ( normal, subur, bebas dari penyakit) untuk itu pemilihan bibit juga merupakan faktor pentingn untuk mendapatkan varietas yang benar-benar memiliki keunggulan yang kita harapkan sehingga hasil yang diperoleh bisa maksimal .

factor lain yang tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan perbanyakan sansiviera adalah perawatan. Seringkali perawatan ini terabaikan padahal factor perawatan yang sangat menentukan keberhasilan dalam perbanyak sansiveira, cara perawatan ini yaitu dengan seringnya pengontrolan dan penyiraman sehingga tanaman tumbuh dengan baik.

G. KESIMPULAN

Dari hasil pengamatan maka dapat kami simpulkan diantaranya :

Perbanyakan sansiviera yang banyak tumbuh perlakuan dengan menggunakan anakan yaitu sebanyak 11 anakan, sedangkan perlakukan yang menggunakan ZPT hanya tumbuh 4.

factor yang tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan perbanyakan sansiviera adalah perawatan( pengontrolan dan penyiraman). Selain itu hal yang perlu dalam perawatan sansiviera diantaranya faktor struktur, cuaca, media dan bibitnya.

H. DAFTAR PUSTAKA

Sugihartiningsih,sri. 2006. Diktat Teknologi Budidaya Tanaman Hias. STPP Yogyakarta.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar